Digital Marketing adalah Keniscayaan dalam Bisnis Online

Digital Marketing adalah keniscayaan dalam pemasaran apapun di ranah online masa kini. Tanpanya, anda bukan siapa-siapa di jagat maya. Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan menentukan apa jadinya bisnis online dan jasa anda di masa depan.

Potensi bisnis online anda akan naik secara eksponensial, bilamana anda dengan tepat memaksimalkan digital marketing. Lebih lagi, pasar bisnis anda terbentang luas dan mencengangkan. Khusus Indonesia saja, menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada 2019, ada 171,17 juta jiwa (64,8% dari populasi penduduk) yang sudah dan sedang menggunakan internet dalam kesehariannya. Dan, setiap tahun angka tersebut naik secara signifikan. Lihat, betapa besarnya ‘kue’ income yang terbuka untuk anda raih dalam ranah online.    

Lalu, digital marketing itu apa?  

Secara definitif, Digital Marketing adalah segala aktivitas pemasaran secara online terhadap sebuah produk, jasa dan brand dengan cara-cara promosi/campaign terukur, masif dan bahkan berbiaya lebih murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Istilah digital marketing kerap masih disebut pula dengan internet marketing.

Dunia Digital Marketing (DM) itu luas. Ia ibarat payung yang memayungi sejumlah aktivitas online di bawahnya.

Digital Marketing sejatinya bukan sekadar meningkatkan penjualan pada suatu momen saja — digital marketing menyasar hubungan (engagement) jangka panjang dengan para pelanggan. Bagian terakhir inilah justeru yang menentukan sukses tidaknya sebuah cara-cara marketing online modern. Dan hal ini bukan pekerjaan sehari semalam!

Optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization), yang merupakan bagian dari digital marketing misalnya, tidak bisa dikerjakan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

seo itu apa
(img via multichannelmerchant.com)

Lalu, SEO itu apa?

SEO adalah suatu upaya sistematis dan terukur untuk mendapatkan posisi/ranking teratas pada halaman mesin pencari (search engine), dengan cara memenuhi ‘keinginan’ algoritma search engine yang disematkan pada konten. Berhasilnya upaya SEO akan mendatangkan tujuan pertama: traffic, dan lalu tujuan kedua: konversi, yakni penjualan/penghasilan (earning).   

Sejak sebuah konten berbasis SEO digarap, maka setidaknya keyword (kata kunci) yang dibidik tersebut membutuhkan waktu tertentu untuk mentas di panggung page 1 Google. Saya menyebut page 1 Google tersebut dengan “tempat terhormat para juara”. Lalu, berapa durasi yang dibutuhkan untuk itu? Jawabannya relatif. Apalagi, jika kita sedang menggarap sebuah website baru dengan tingkat persaingan kata kunci ber-traffic besar.

Simak pula: 6 Manfaat Website bagi Bisnis Anda

Bagi website yang sudah berumur lebih dari 2 tahun, dengan posting konten teratur setiap minggu bahkan harian, sudah tidak terlalu kuatir dengan eksistensi artikelnya menempati posisi terhormat itu. Sebab, jika website tersebut konsisten menerapkan SEO pada setiap kontennya dan tak lupa, secara ketat membangun Onpage SEO dan Offpage SEO, maka hampir pasti postingan-postingannya akan menjadi ‘juara’, dan karenanya mendatangkan traffic besar.

Sebaliknya, bagi website baru yang berumur kurang dari 6 bulan, bahkan setahun, dengan postingan tidak rutin, tanpa penerapan SEO dan atau tidak tepat dalam menerapkannya, dan tanpa Onpage-Offpage SEO, maka akan sangat sulit bersaing dengan website berusia di atasnya.

Anda punya website berumur kurang dari setahun? Anda membutuhkan strategi penerapan SEO! Jika anda tidak cukup punya waktu mendalami dunia SEO, maka itu tandanya anda membutuhkan jasa SEO profesional — seorang SEO strategist atau SEO expert adalah solusi untuk popularitas bisnis online anda.

Hal-hal tersebut barulah soal SEO dan kaitannya, belum bicara soal optimasi Media Sosial atau Social Media Optimization (SMO) yang merupakan salah satu bagian penting dalam strategi digital marketing yang terbukti membuahkan hasil maksimal.

smo itu apa
(img via evoplus.in)

SMO itu apa?

SMO adalah upaya sistematis dan terukur melalui kanal-kanal media sosial (medsos) untuk menarik visitor menuju konten pada sebuah website. Kanal-kanal medsos dimaksud, misalnya Instagram, Facebook, Youtube, dll.      

Dalam bisnis online, guna meraih earning besar dan berkepanjangan, anda membutuhkan jasa SMO strategist atau SMO expert.

apa itu digital marketing
(img via youtube.com)

Sebagaimana halnya Website dan SEO, SMO adalah termasuk dalam Jenis-jenis Digital Marketing. Sejumlah jenis DM, konsep dan strategi DM yang lain akan diurai pada artikel-artikel berbeda sebagaimana disebutkan di bawah ini.

Hanya segitukah materi digital marketing? Tentu saja tidak, dan tidak sesederhana dan semudah anda membaca tulisan ini. Ada banyak lini dalam DM yang mesti dipahami seorang marketer dan bahkan para pemilik website, semisal: Membangun Website yang SEO Friendly, Konsep Digital Marketing, Jenis-jenis Digital Marketing dan Penerapannya, Strategi Digital Marketing yang Tepat, Apa itu Konten Marketing, Cara Onpage-Offpage SEO, Cara Menerapkan SMO, Cara Menerapkan SEM (Search Engine Marketing), Langkah-langkah Menerapkan SMM (Social Media Marketing), Apa itu PPC, PPM, dll, dan Tren Digital Marketing Terkini.

See… Digital Marketing adalah keniscayaan, dasar sekaligus penentu dari kesuksesan anda dalam bisnis online jangka panjang. Nah, jika anda belum cukup memahami hal-hal di atas, tidak memiliki waktu untuk belajar digital marketing, dan atau konversi bisnis online anda belum sesuai keinginan dan target, maka itu artinya anda membutuhkan Jasa Digital Marketing di dalamnya. So, tunggu apa lagi? Take action now, sebelum posisi anda dilewati pendatang baru!  

* Dalam bisnis online masa kini, siapa cepat dan tepat, ia menang [Calvyn Toar – Digital Marketer].

Calvyn Toar

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; Anda dapat lakukan apapun yang Anda mau, & menjadi apapun yang Anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)
Close Menu